Muslim Youth

Pemuda Harapan Islam

Oleh : Robby Vidiansyah Prasetio

Idemuslim.com, MUSLIM YOUTH — Pemuda adalah sosok yang sangat penting sekali, karena pemuda merupakan rahasia kekuatan suatu umat, tiang kebangkitan dan kemuliaan. Masa depan suatu bangsa berada di pundak pada Pemuda. Pemuda merupakan sosok yang diharapkan mampu membawa perubahan suatu daerah, bangsa, bahkan dunia. Maka wajar jika para pemuda lebih mendapatkan perhatian khusus karena di tangan para pemudalah nasib suatu peradaban ditentukan. Keadaan suatu bangsa tergantung dari baik buruknya para pemudanya.

Pemuda memiliki peranan penting dalam sejarah peradaban Islam di mulai sejak awal keNabian, dalam menyebarluaskan dakwah Islamiyah. Pemuda pada zaman Rasul sangat spesial serta paling luar biasa. Mereka selalu terikat sekaligus mencintai Allah dan Rasul-Nya.

Salah satu pemuda luar biasa itu adalah Sahabat Ali Bin Abi Thalib Ra, Rosulullah mampu mendidik beliau sehingga mampu menorehkan kemampuannya yang spesial. Terbukti, Sayyidina Ali bin Thalib, sahabat muda itu berhasil memenangkan duel perang tanding mengalahkan Syaibah bin Abi Rabi’ah sewaktu perang Badar yang menjadi titik tolak kemenangan pertama dalam sejarah Islam. Ali bin Abi Thalib selain dikenal sebagai ahli strategi perang, Ali juga dikenal sebagai sahabat intelektual muda yang jenius dan pakar semua keilmuan, termasuk dalam bidang ilmu tafsir dan ilmu hikmah.

Ada juga seorang pemuda spesial di jaman Nabi, Arqam ibn Abi Arqam, seorang sahabat muda belia yang ketika itu masih berusia 15 tahun. Di sanalah dakwah Islam dimulai. Berawal dari Baitul Arqam “Rumah Arqam” itulah menjadi landasan dan pondasi dakwah pertama yang melahirkan sejumlah tokoh penting sahabat lainnya, seperti Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf.

Dan masih sangat banyak Sahabat Rasulullah dari kalangan pemuda yang kemudian menjadi penggerak perubahan kegemilangan islam. Dimasa itu, cahaya islam menembus keseluruh dunia. Betapa kegemilangan itu tak pernah lepas dari peran pemuda. Hal yang kemudian meredup di jaman sekarang karena pemuda islam lebih disibukkan pada hal-hal yang menipu dan bersifat duniawi.

Banyak kita dapati pemuda Islam hari ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk game online, bikin konten unfaedah di Tik Tok, atau bahkan terjerumus pada kemaksiatan seperti berpacaran, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, ataupun tawuran. Kegiatan yang hanya berujung pada penderitaan.

Sangat wajar, jika kemudian umat Islam mengalami kemunduran jauh di segala aspek kehidupan, karena pemudanya lebih tersibukkan pada hal-hal yang tidak bermanfaat daripada hal yang tentunya lebih bermanfaat terutama bagi semua makhluk setelah akhir kehidupan.

Secara individu, peran penting pemuda pun harus benar difahami oleh kalangan pemuda hari ini. Menjalankan aktivitas beragama bukan semata-mata jika diawasi guru dan orang tua. Melainkan pengawasan Allah ﷻ. Mereka harus sadar akan hadis Rasulullah ﷺ

Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah, pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang lima (perkara): tentang umurnya untuk apa dihabiskannya, masa mudanya digunakan untuk apa, hartanya dari mana diperoleh dan ke mana dibelanjakan, serta bagaimana di mengamalkan ilmunya”. (HR. Tirmidzi)

Sebagai seorang muslim, pemuda seharusnya menjadi tombak peradaban. Jadilah pemuda generasi penerus pejuang Syari’ah. Mari berubah! Mari kaji Islam sebagai ideologi, bukan sekadar ilmu pengetahuan. Mereka wajib terikat dengan syariah Islam. Dengan terikat pada syariah Islam, pemuda Muslim akan menilai baik-buruk berdasarkan ajaran Islam. Mulai dari pergaulan dengan lawan jenis, adab kepada orangtua dan guru sampai memilih pemimpin akan dilandasi dengan nilai-nilai Islam.

Pemuda harus senantiasa memiliki sikap berpihak pada Islam, bukan netral, apalagi oportunis demi mencari keuntungan duniawi. Banyak remaja dan pemuda Muslim hari ini yang hidup bak pucuk pohon ditiup angin. Ke mana angin bertiup ke sanalah mereka terbawa. Pemuda Muslim harus memiliki keteguhan pada Islam hingga akhir hayat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button